10.6.14

Judging

Mungkin kita sering mendengar kata2 "stop judging people" , dan memang nge judge atau menghakimi orang itu merupakan sesuatu yang ga baik, ga dewasa. 
Tapi bukan berarti aku nulis begini karena aku orangnya gak pernah nge judge, I judged sometimes, kadang terlontar, kadang tak sengaja terlontar dan kadang that judgmental thought hanya tersimpan dalam hati.

Terkait hal ini, asas "praduga tak bersalah" atau presumption of innocence memang perlu di terapkan dalam kehidupan sehari2. Menjadi reminder buat aku sendiri sebenarnya , krn aku termasuk orang yang terlalu cepat menyimpulkan. sebelum berkomentar atau menghakimi orang harusnya kita melihat dan memikirkan apa apa yang bisa saja tak tampak, alasan dibalik sesuatu emang kebanyakan ga terpampang nyata kan ?
Semua yang "kelihatannya", bukan berarti begitu "kenyataannya", bukan? 
Orang nge twit lagi baca, bisa aja sebenarnya dia lagi ngupil
Orang nge twit lagi makan, bisa aja lagi kelesotan
Orang yang selalu nge post hal2 seru, bisa aja dia lagi bingung kurang kerjaan
Pada ngomentarin moderator debat capres yg ga asik, siapa tahu dia sebenarnya baru dipilih mendadak dan belum latihan ( maafkan aku juga komen sih)
Dan orang yang macak gak pernah galau, sebenarnya dia adalah yang paling galau.

Dan lain sebagainya. 
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar