5.8.11

Pare’s Short Trip : Candi dan Gua Surowono (1)






Visit Candi Surowono

Selama masa kursus bahasa Inggris di Pare, kuhabiskan weekend dengan nyambi “blusukan” di sekitar kota kecil ini. Setelah Alun –Alun pare dan keliling Kota Kediri di weekend yang pertama, weekend selanjutnya kuputuskan untuk mengunjungi Candi dan Gua Surowono. Akhirnya, Sabtu pukul 7.30 pagi berangkatlah kami (Aku, Rila, Soka dan Dinur) menuju lokasi tersebut, yang berjarak sekitar 6 kilo dari wilayah kursus kami dan tahukah kawan? Kami kesana pake sepeda lo, asik kan? :D Sepanjang perjalanan mata kami dimanjakan dengan pemandangan a la pedesaan yang kereen banget, penuh sawah sawah, maklum , sudah lama ga ngelihat hamparan ijo-ijoan selama di Surabaya. Terlebih udara pare yang masih bersih , jarak yang panjang menjadi agak tak terasa.

Sekitar 45 menit kemudian, setelah Tanya sana sini, sampailah kita di Candi Surowono, dan wow, sebenarnya agak diluar ekspektasi, candinya tidak seberapa besar, hanya ada 1 komplek bangunan candi serta beberapa batu bagian candi yang ditata memanjang sebelum dipasang untuk melengkapi candi. Walaupun begitu kita tetep aja narsis, dan foto foto disekitar candi, duduk di taman dan mencoba nerjemahin relief-relief candi (sok sok an jadi arkeolog, kayak yang film the mummy, :p) tapi sayang sekali, waktu disana kita belum sempat nanya-nanya ke penduduk lokal tentang sejarah candi ini, kami hanya tahu klo nih candi dibangun di Era Majapahit.

Klo kita lihat secara umum, pengelolaan wisata budaya candi ini sudah cukup bagus, terbukti dengan dibangunnya areal pertamanan yang terlihat rapi dan lumayan bagus disekitar candi. Ada juga Informasi tentang sejarah candi yang ditempel di Papan pengumuman walaupun kurang begitu mewakili, karena penataan papan informasi yang kotor dan kurang menarik, makanya kita jadi males baca sejarahnya, hehhehe. But, At least, Kami cukup senang menghabiskan waktu disana, suasananya asri dan menenangkan (halah). :D

-Budget :

Transport = 0 rupiah (sepedaan)

Tiket masuk dan Parkir = 1000 rupiah

Paragraf Pertama
Semua Paragrap yang di sembunyikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar