17.3.13

My Internship Program at Embassy of Republik Indonesia , Bangkok (1)

 Where There is a Will, There is a way~ classic, but true ! :)
Tulisan ini dibuat karena beberapa teman menanyakan tentang apakah sebenarnya yang saya lakukan di Bangkok selama hampir 6 minggu kemarin, magang yang seperti apa sih, gimana kok bisa, juga karena 6 postingan saya tentang thailand sebelum ini lebih banyak bercerita tentang pengalaman mbolangnya daripada magangnya, hhehhe
and.. here we go ! 

-----
Sebenarnya, ide untuk magang keluar negeri ini terilhami oleh teman ranger saya, Dinar Okti dan Mitha yang sebelumnya pernah apply magang di KBRI New Delhi dan diterima magang disana selama sebulan pada februari 2012 lalu.  Berhubung percobaan saya untuk keluar negeri melalui beasiswa dan seleksi beragam program pertukaran belum ada yang berhasil, saya mulai bepikir kalau magang adalah jalannya. Maka mulai disusunlah rencana magang saya ini dari bulan april tahun lalu, diawali dengan memikirkan negara mana yang akan dituju, lalu merancang biaya dan membuat serta mengirim surat permohonan magang dengan mengajak beberapa teman lain untuk ikut magang bersama saya. 

Awalnya, saya mengirim apply ke beberapa KBRI, seperti Beijing, Tokyo, Taipei dan juga Bangkok. embassy tokyo pada akhirnya tidak kami tindak lanjuti karena banyak persyaratan yang sulit untuk kami penuhi, begitu juga dengan Beijing juga kami akhiri yang tersendat karena permasalahan birokrasi. Namun, berbeda dengan KDEI Taipei yang dengan sangat baiknya menerima dan merespon surat kami hingga pada akhirnya kami intens berbicara terkait pelaksanaan magang sejak bulan juli 2012 lalu. Lalu? bagaimana dengan Bangkok ? karena email kami belum dibalas hingga berbulan berikutnya, maka kami putuskan untuk menetapkan pilihan di KDEI Taipei. 

Nah, karena ini murni biaya sendiri, bagi saya yang belum bekerja tentu banyak hal yang harus dilakukan, mulai menabung, irit irit pengeluaran, jualan, cari beasiswa sampai ikut lomba-lomba. Alhamdulillah, saya dapat beasiswa dari FISIP sama menang lomba yang hadiahnya uang tunai, jadi bisa sedikit menutup pengeluaran saya untuk pelaksanaan magang, entahlah, minta uang ke ayah dalam jumlah lumayan besar diumur segede ini itu sungkan gitu rasanya. :")

Sampai Bulan November alhamdulillah kami di bantu Mbak Dian Saraswati, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Taipei untuk mencari tempat tinggal, juga ada mbak kiki dan mas hadziq, kakaknya opha yang kuliah disana juga ikut membantu. Ketika banyak hal sudah dirancang, kami mengalami beberapa kendala, yaitu tentang mengurus visa ditengah waktu yang mepet (pas itu sibuk2nya UAS dan Praskrip) dan juga harga tiket sby-taipei yang susah sekali dapat harga promo. Kala itu galau sekali, agak hopeless,  padahal sudah dengan begitu baiknya KDEI Taipei dan mbak dian menerima kami. Akhirnya Anggi berinisiatif untuk mengirim ulang surat permohonan magang tersebut ke KBRI Bangkok sebagai cadangan, dan tak dinyana dan tak disangka bukan hanya balasan email yang kami terima, tapi Pak Suargana (Sekretaris KBRI) langsung menelpon Ketua Departemen kami untuk menerima permohonan magang tersebut. 

Dilematis, kala itu tentu kami senang bahwa akhirnya KBRI Bangkok menerima apply magang kami karena budget kami tentu lebih cukup untuk pergi ke bangkok dari pada ke Taipei. Tetapi rasa tak enak hati juga ada mengingat penerimaan dan bantuan KDEI Taipei yang subhanallah baik banget selama beberapa bulan ini. Akhirnya dengan mempertimbangkan banyak hal, kami pun dengan sangat terpaksa membatalkan rencana magang kami di Taipei dan pindah ke Bangkok. Rasa bersalah pasti ada lho, saya sendiri juga sedih karena batal ke Taipei, karena sudah banyak hal yang disiapkan, dan banyak merepotkan pihak KDEI, mbak dian dan mbak kiki juga. Semoga saya bisa sowan ke KDEI Taipei kapan-kapan :'''(((

And, the Journey Begin !  Kami pun segera mengurus segala keperluan untuk ke Bangkok ditengah waktu yang mepet, mulai dari ngurus paspor, beli tiket, dan lain sebagainya. Alhamdulillah kami dapat tiket promo dan dibantu kakak kakak permitha, tempat tinggal juga sudah fix setelah lalu lalang cari link apartemen, kami juga ngurus asuransi kesehatan dan kecelakaan dari unair yang agak ribet tapi yah alhamdulillah semuanya sudah teratasi dan akhirnya berangkatlah kami pada 30 januari 2013 menuju Bangkok untuk pelaksanaan magang. Alhamdulillah ya Allah :))

Biar gak kepanjangan, Untuk kegiatan kegiatan selama magang bisa disimak di postingan selanjutnya :)
disini  --> My Internship Program at Indonesia Embassy, Bangkok (2)

Paragraf Pertama
Semua Paragrap yang di sembunyikan

30 komentar:

  1. ada namaku,... hehe.. smg next time bisa ya ke taipei.. hehe
    ud plg ya bita? aku d sby loh kmrin dr tgl 12-26 maret :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih mbak udah mampir, jadi malu di baca mbak dian hhehehe ,
      btw maaf mbak, aku baru tau ada komennya yang ini soalnya masuk spam :(
      iya mbak, aminnn, semoga next time bisa ke taipei :)

      Hapus
  2. Anonim18.9.13

    Halo, saya ingin mencoba melamar untuk magang di KBRI. Boleh tanya kirim aplikasinya ke mana ya? Saya coba untuk alamat email beberapa KBRI, seperti Tokyo, tapi gagal, tidak terkirim. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya dapet alamat email di wikipedia kok mbak/mas http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_alamat_kedutaan_besar_Indonesia . untuk kbri tokyo waktu itu saya kirim ke : info@indonesianembassy.jpm dan dibalas :)

      Hapus
  3. Berkas apa saja yang dikirim ke email-nya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pertama dikirim hanya surat yng menanyakan apakah kbri ybs menerima magang dan kalau menerima syaratnya apa :)

      Hapus
  4. Halo mba Bita, apakah saya bisa mengobrol perihal magang di KBRI ini? sesungguhnya saya sangat tertarik dan terinspirasi dari tulisan mba Bita. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo sarah boleh, bisa via line @tsabitabee

      Hapus
  5. Anonim12.2.16

    mbak, itu suratnya pake bahasa apa? aku ngirim ke Belanda pake bahasa Inggris ga di bales. harus kirim pake bahasa Indonesia kah? dan kalo ga di bales ngirim lagi gitu ya? jangka berapa lama mbak? maaf ya. semoga dibalas mbak. makasih waktunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu kirim pake bhs indonesia kok, dan emang lumayan lama nunggu balasannya, jadi harus sabar hehehe

      Hapus
    2. Halo, mbak Gine aku mau nanya nih. Mba waktu itu coba email buat apply magang di kbri belanda ? Terus sekarang udah respon buat emailnya blm ? Saya juga minat buat magang di kbri belanda taun depan soalnya :)

      Hapus
  6. Hi, Tsabita! Aku dan teman-teman juga akan melakukan magang di KBRI Bangkok pada tanggal 4-29 April.

    1. Bagaimana perasaannya bisa magang disana?
    2. Oh iya. Aku juga mau nanya tentang outfit magang di KBRI Bangkok hehe.
    3. Waktu masuk ke Thailand, kamu udah punya visa atau menggunakan free visit visa? Dan jika kamu menggunakan free visit visa, kamu ditanyain apa saja di imigrasi mengingat kamu akan lama di Thailand?
    4. Waktu keluar Thailand juga ditanya apa saja? Karena aku dan teman-teman rencana ga ngurus visa jadi hanya mengandalkan free visit visa. Aku agak sedikit ragu sebenernya karena bekerja tanpa workpass hehe.

    Terima kasih, Tsabita!

    BalasHapus
  7. Hi, Tsabita! Aku dan teman-teman juga akan melakukan magang di KBRI Bangkok pada tanggal 4-29 April.

    1. Bagaimana perasaannya bisa magang disana?
    2. Oh iya. Aku juga mau nanya tentang outfit magang di KBRI Bangkok hehe.
    3. Waktu masuk ke Thailand, kamu udah punya visa atau menggunakan free visit visa? Dan jika kamu menggunakan free visit visa, kamu ditanyain apa saja di imigrasi mengingat kamu akan lama di Thailand?
    4. Waktu keluar Thailand juga ditanya apa saja? Karena aku dan teman-teman rencana ga ngurus visa jadi hanya mengandalkan free visit visa. Aku agak sedikit ragu sebenernya karena bekerja tanpa workpass hehe.

    Terima kasih, Tsabita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, Aspirilia Haifa , ya tentu senang sekali rasanya bisa dapet kesempatan magang. untuk outfitnya ya biasa aja, kayak kerja formal, kemeja + rok atau celana bersepatu. waktu ke thai kita pake free visa yang jatah 30 hari, tapi karena kami 30 hari lebih kita pake visa run (memperpanjang visa) dengan keluar ke kamboja lalu kembali lagi masuk ke thailand. waktu di border ditanya tujuan nya apa? kita jawab "holiday" udah gitu aja. tapi kalau ga sampe sebulan ga perlu visa run kok :)

      Hapus
    2. Terima kasih! Aku mau nanya satu hal lagi nih. Karna kamu 30 hari lebih di Bangkok, apakah pihak imigrasi bandara menanyakan tentang tiket pesawat pulang ke Indonesia? Atau waktu berangkat ke Bangkok kamum belum beli tiket PP? Maaf ya nanya mulu hehe

      Hapus
    3. Terima kasih! Aku mau nanya satu hal lagi nih. Karna kamu 30 hari lebih di Bangkok, apakah pihak imigrasi bandara menanyakan tentang tiket pesawat pulang ke Indonesia? Atau waktu berangkat ke Bangkok kamum belum beli tiket PP? Maaf ya nanya mulu hehe

      Hapus
    4. Seingetku ga ditanyain macem macem kok , kami sudah sekalian beli tiket pp pas itu, biar ga ribet :)

      Hapus
  8. menginspirasi sekali kak, terimakasih. if there is a will, there always be ways

    BalasHapus
  9. Kak aku berminat magang di KBRI New Delhi. Untuk syarat dan prosedurnya apa kakak tau? Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang ke new delhi saya belum tahu :)

      Hapus
  10. Hallo. Mksi untk infonya. Boleh minta kontak atau email KDEI Taipei ngk? Mksoi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mendapat alamat email kdei taipei dari google, wikipedia :)

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Hallo Mba Tsabita, Assalamu'alaikum.
    Perkenalkan saya Nanda Harahap .
    Boleh minta kontak personal mba ? Line, WA, atau email ? Saya tertarik berdiskusi lebih lanjut tentang magang ini. Terimakasih kak, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa line id : tsabitabee. (Pakai titik)

      Hapus
  13. halo mbak, masih adakah kontak teman mbak
    yang magang ke KBRI New Delhi? Aku di bulan Maret akan magang di sana dan ada beberapa hal yang ingin ditanyakan. trims

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Hallo kak, maaf mau tanya untuk proses apply sampe ke penerimaan berapa lama ya kak? Saya ingin magang juga di KBRI Bangkok cuma juga sedang menempuh semester akhir jadi ingin menyesuaikan saat liburan panjang magangnya. Terima Kasih:)

    BalasHapus
  16. Hai ka
    Terimakasih atas tulisannya yg sangat menginspirasi sekali
    Ka kalo boleh sy mau chat personal untuk tanya2 perihal magang di luar negeri karna inshaallah tahun depan sy akan magang
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Anonim10.10.20

    halo kak,untuk pembalasan email dari pihak kbri brp lama ya kak? karena aku udh apply sebulan yg lalu blm jg dapet balasan huhu

    BalasHapus